Saturday, June 1, 2013

KRUSKAL-WALLIS


Statistika Non Parametrik

  #METODE KRUSKAL-WALLIS

Kruskal-Wallis merupakan salah satu alat tes statistik non-parametri yang menganilisis varian rangking satu arah.

Rangking satu arah disini maksudnya adalah data  dirangkingkan sesuai dengan dari kecil ke besar.

Pada umumnya metode ini menggunakan data ordinal. Digunakan untuk menguji apakah sampel yang diambil memiliki distribusi yang sama atau diambil dari populasi yang identik. Distribusi bersifat kontinyu.

Syarat penggunaan tabel :   

·                     Jika nj (kategori) < 5 à Tabel O

·                     Jika nj (kategori) > 5 à Tabel C
 
RUMUS :
 
        Dimana : N = banyak sampel keseluruhan
                        Rj = jumlah rangking setiap kolom/kategori
                        nj =  banyak sampel setiap kolom/ kategori
 
 
*Ho diterima jika Hhitung  Htabel dan Phitung  Ptabel.
Contoh Soal :
Sebuah pendapat menyatakan bahwa kegiatan berkemah dapat meningkatkan kemandirian pada anak SD. Seorang peneliti ingin membuktikan apakah ada perbedaan kemandirian siswa yang mengikuti kegiatan perkemahaan rutin, jarang mengikuti dan tidak mengikuti. Diambil 3 sekolah, dimana :
Sekolah I à sering berkemah
Sekolah II à jarang berkemah
Sekolah III à tidak pernah berkemah
 
 
Dengan data sbb :                                        Setelah dirangking :       
I
II
III
90
78
60
75
67
56
84
60
80
80
56
55
88
 
 
I
II
III
13
8
4,5
7
6
2,5
11
4,5
9,5
9,5
2,5
1
12
 
 
                                                    R1= 52,5      R2= 21     R3= 17,5
         
 
 
PENYELESAIAN :
Rumusan Masalah : Adakah perbedaan kemandirian siswa yang mengikuti kegiatan perkemahaan rutin, jarang mengikuti dan tidak mengikuti?
 Ho : Tidak ada perbedaan kemandirian siswa yang mengikuti kegiatan perkemahaan rutin, jarang mengikuti dan tidak mengikut.
Ho : Ada perbedaan kemandirian siswa yang mengikuti kegiatan perkemahaan rutin, jarang mengikuti dan tidak mengikuti.
 
                                               
                                        
                                               
 
 
 
H
P
5,61
0,05
* Tabel O à  5  4  4
 
*Maka, Hhitung < Htabel  : 6,66 < 5,61
Ho ditolak
Kesimpulan : Ada perbedaan kemandirian siswa yang mengikuti kegiatan perkemahaan rutin, jarang mengikuti dan tidak mengikuti.
 
 
 
 
 
 
 

 

No comments:

Post a Comment